::: bogells :::

Wow! AS Janjikan Rp 90 Miliar Bagi yang Menangkap Bendahara Al-Qaeda

Label: ,


Washington - Wow! Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah US$ 10 juta atau setara Rp 90 miliar bagi yang bisa menangkap bendahara kelompok Al-Qaeda. Ini adalah kali pertama seorang bendahara kelompok yang diduga teroris menjadi target penangkapan AS.

Seperti diberitakan AFP, Jumat (23/12/2011), adalah Ezedin Abdel Aziz Khalil yang juga dikenal sebagai al-Suri Yacine lahir di Suriah pada tahun 1982 yang menjadi buruan AS.

Asisten Direktur Investigasi Departemen Luar Negeri, Robert Hartung, mengatakan Khalil masuk daftar hitam Departemen Keuangan AS. Pria itu digambarkan sebagai salah satu fasilitator tingkat tinggi Al-Qaeda.

Departemen Keuangan menyebutkan Khalil beroperasi di Iran sejak tahun 2005 dan bekerja sama dengan pemerintah Iran.
"Khalil adalah penggalang dana penting bagi Al-Qaeda dan telah mengumpulkan uang dari para donor dan penggalang dana di seluruh wilayah Teluk Persia," begitu yang tertulis dalam pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

"Dia telah menyalurkan uang dalam jumlah besar melalui Iran untuk pimpinan Al-Qaeda di Afghanistan dan Irak," tambahnya.

Khalik juga disebut bekerja dengan pemerintah Iran dan mengatur pelepasan anggota Al-Qaeda dari penjara Iran. Pria yang berumur 29 ini adalah penggerak dan pengumpul uang Al-Qaeda dari seluruh kawasan Timur Tengah hingga Pakistan dan Iran.

Pengumuman pencarian Khalil merupakan program dari "Rewards for Justice" yang telah dimulai pada tahun 1984. Tujuannya untuk memburu para tersangka pelaku teror terhadap AS.

Khalil saat ini disebut sedang berada di Iran yang menjadi target dalam program Deplu AS. Deplu AS telah menyiapkan US$ 100 juta untuk pertukaran informasi para tersangka yang diinginkan. Sayangnya, pemerintah AS menolak membahas secara rinci tentang siapa saja yang telah mereka tangkap. Alasannya untuk melindungi informannya.

Kepala pimpinan Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, adalah orang yang paling mahal dihargai oleh AS. Kepala al-Zawahiri dihargai US$ 25 juta.
0 Comment:

Post a Comment

Yu berbagi amal untuk teman kita

Visitor Say

Instagram

Instagram

Followers

Twitter


Jualan Online

Other Friends List